Tips dan Rahasia Menghindari Perusahaan Penipu

Posted · Add Comment
Tips menghindari perusahaan penipu

Tips menghindari perusahaan penipu

Perusahaan penipu saat ini semakin banyak jumlahnya seiring dengan perkembangan zaman dan berkembangnya media informasi online, memicu munculnya banyak situs penyedia lowongan pekerjaan online, munculnya banyak situs penyedia loker di satu sisi memiliki efek positif karena akan membuat semakin mudah para pencarian kerja ketika mencari pekerjaan tapi di satu sisi juga bisa berdampak negatif karena semakin mempermudah perusahaan penipu memperdayai para korban. Modus yang digunakan oleh perusahaan penipu ini yaitu dengan cara mengiming-imingi para pencari kerja dengan pekerjaan yang bagus dan pencari kerja yang tertarik diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai imbalannya. 

Perusahaan penipu ini biasanya mengincar para pencari kerja yang kurang waspada dan teliti ketika mengirimkan surat lamaran kerja, kurangnya informasi yang mereka memiliki membuat para pencari kerja sulit menghindari perusahaan penipu kerja yang saat ini sangat banyak jumlahnya. Untuk menghindari hal tersebut MATARAM Group akan membagikan sedikit informasi tentang tips menghindari perusahaan penipu, berikut ini beberapa tips menghindari penipuan kerja yang bisa anda pelajari sehingga lebih waspada jika ada yang menawarkan anda pekerjaan atau karir yang menjanjikan dengan meminta sejumlah uang yuk langusng aja disimak informasinya!.

Perhatikan Deskripsi Lowongan Pekerjaan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan deskripsi yang ada pada lowongan perkerjaan yang kamu minati, jika kamu menemukan kejanggalan dalam deskripso tersebut, jangan melanjutkan untuk mengirimkan CV ke perusahaan tersebut lebih baik cari lagi perusahaan lain yang lebih jelas. Karena deskripsi pekerjaan yang tidak jelas merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang ingin melakukan penipuan.

Perhatikan Portfolio Perusahaan

Memperhatikan portfolio perusahaan terkadang bisa membantu kita terhindar dari perusahaan penipu, coba mulai saat ini biasakan untuk mengunjungi halaman website perusahaan yang ingin kamu lamar, lalu lihat bagaimana portfolionya mulai dari siapa clientnya, lalu apa produk dari perusahaannya, dan juga apa yang mereka kerjakan kalau portfolionya bagus dan sangat meyakinkan kamu bisa coba dulu melakukan proses interview disana, tapi kalau portfolionya tidak jelas lebih baik urungkan niat untuk mengirimkan CV kesana karena portfolio yang tidak jelas merupakan ciri-ciri dari perusahaan penipu. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk mengunjungi situs resmi perusahaan yang ingin kalian lamar ya!.

Cari Pekerjaan Hanya Disitus Pencari Pekerjaan yang Terpercaya

Mencari pekerjaan lewat situs pencari kerja yang sudah terpercaya bisa mengurangi resiko penipuan karena regulasi yang sangat ketat dari mereka yang menyulitkan perusahaan penipu untuk memasang iklan lowongan pekerjaan disana. Coba kalian gunakan situs seperti jobstreet, jobsdb, qerja, karir.com, dan situs lainnya yang sudah digunakan banyak orang.

Perhatikan Alamat Email Perusahaan

Jika kamu sudah diundang oleh perusahaan tempat kamu melamar tapi email yang digunakan untuk menghubungi kamu adalah email pribadi kamu patut waspada karena ini bisa jadi ciri-ciri dari perusahaan penipu, biasanya perusahaan yang baik pasti punya alamat email dengan domain mereka sendiri seperti : hrd@mataramgroup.com

Meminta Sejumlah Uang Ketika Interview

Meminta uang adalah ciri utama dari perusahaan penipu, kenapa kita harus bayar padahal kita ingin bekerja untuk mencari uang agar bisa menafkahi keluarga kita, oleh karena itu buat kamu yang sedang mencari pekerjaan hati-hati jika diminta sejumlah uang ketika proses interview. Ingat perusahaan yang baik tidak akan memungut biaya sepeserpun ketika proses interview, jadi kalau kalian menemukan perusahaan yang meminta sejumlah uang ketika proses interview lebih baik kalian langsung tinggalkan saja tempat itu, dan cari kerja ditempat lain.

Menahan Ijazah Asli

Sebenarnya menahan Ijazah bukan merupakan ciri utama perusahaan penipu tapi tahukah kamu? Kalau sampai Ijazah kamu jatuh ditangan perusahaan penipu, kamu akan sangat sulit untuk mendapatkannya kembali jadi lebih baik menghindari perusahaan yang menggunakan sistem tahan ijazah, kecuali kalau kalian suidah sangat yakin kalau perusahaan tempat kalian bekerja bukanlah perusahaan penipu. Jangan sampai ijazah kamu jatuh ketangan perusahaan yang ingin melakukan penipuan yak arena hal itu akan sangat merepotkan sekali.

Jangan Mudah Tergiur Dengan Gaji yang Besar

Terkadang jika kita melihat sebuah pekerjaan yang menjanjikan gaji yang besar dan pekerjaan yang enak pastinya kita akan tergiur tapi alangkah baiknya sebelum memutuskan mengirim CV dan mengikuti proses rekrutmen kita analisa dulu perusahaan tersebut jangan hanya karena dijanjikan gaji yang besar kita langsung lupa daratan dan mengirim CV secara membabi buta, itu merupakan hal yang salah karena perusahaan penipu kerap kali menggunakan cara ini iming-iming gaji yang besar tanpa harus bekerja keras. Ingat dan berpikirlah beribu-ribu kali sebelum memutuskan untuk menerima pekerjaan yang terlihat mudah dengan gaji besar seperti bisnis rumahan, MLM, posisi data entry ataupun administrasi untuk menghindari penipuan kerja.

HRD Perusahaan Memberikan Informasi yang Jelas Tentang Perusahaan

Perusahaan yang baik biasanya dapat terlihat dari cara bagian HRD menghadapi calon pegawai, jika HRD memberikan informasi yang tidak jelas sama sekali tentang perusahaan tersebut maka itu bisa menjadi suatu tanda bahwa bisnis perusahaan tersebut tidak jelas dan mengandung unsur penipuan. Jadi mulai saat ini perhatikan ya cara HRD berbicara dan informasi apa yang mereka sampaikan.

Berikut informasi yang MATARAM Group bisa sampaikan mengenai tips dan trik menghindari perusahaan penipu, semoga informasi dari kami bisa membantu kamu untuk terhindar dari perusahaan tidak jelas yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak benar. Selalu ingat tidak ada perusahaan baik yang meminta uang kepada calon pegawainya, dan perusahaan yang baik akan selalu memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan mereka. . Berhati-hati mencari pekerjaan semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu.