Cara Mengenali Group Penipu dan Kenali Modusnya

Posted · Add Comment
mataram-group-penipu

MATARAM Group – Penipu berkedok perusahaan atau group saat ini sedang marak beroperasi mencari korban dari kalangan fresh graduate (lulusan baru) apakah kalian para pencari kerja sudah siap tahu tentang ciri-ciri dari perusahaan atau group penipu ini? Kalau belum kalian datang di tempat yang tepat karena MATARAM Group akan berbagi sedikit informasi tentang ciri-ciri dari perusahaan penipu, yuk mari disimak informasinya supaya kamu tidak terjebak.

 

mataram-group-penipu

 

Ciri  Group Penipu yang Pertama: Menggunakan Domain Gratisan untuk Halaman Website Kantor

Ya kalau kalian ditawari pekerjaan di sebuah perusahaan tapi setelah kalian cek di Google websitenya masih pakai domain gratisan bisa jadi perusahaan tersebut adalah perusahaan penipu, jadi kalau kalian menemukan perusahaan semacam itu lebih baik gak usah diterima ya tawaran pekerjaannya. Mungkin diantara pembaca ada yang berpikir seperti ini “belum tentu juga perusahaan yang pakai domain gratisan penipu payah nih penulisnya”

gini kita pikir aja secara logika perusahaan mana yang punya asset kurang dari 500rb, untuk beli domain saja tidak mampu, padahal syarat untuk mendirikan PT/CV itu mengharuskan perusahaan memiliki asset dengan nilai tertentu. saya gak tau pasti jumlahnya yang pasti lebih dari cukup untuk membeli domain.

Ciri Group Penipu yang Kedua: Menggunakan Nomor Pribadi

Ciri yang sangat bias dan tidak bisa menjadi paotkan pasti sebagai indikasi perusahaan atau group tersebut ingin melakukan penipu, bisa jadi HRDnya lagi khilaf dan menghubungi kandidatnya lewat nomor pribadi. Tapi panggilan interview yang profesional adalah menggunakan email perusahaan atau ditelpon langsung dengan nomor perusahaan, bukan disms atau ditelpon dengan nomor pribadi ya hehehhe.

Ciri Group Penipu yang Ketiga: Meminta Uang

Ciri yang sangat-sangat mencolok dari group penipu adalah meminta uang, kalau Anda pernah dengar kata-kata seperti ini “Anda diterima di perusahaan ini tapi dengan membayar uang masuk” lebih baik kalian cepat-cepat pulang kerumah dan mengurungkan niat kalian untuk bekerja ditempat itu, kenapa? Karena perusahaan tempat kalian melamar pekerjaan itu adalah perusahaan yang tidak sehat. Coba Anda pikir lagi dengan logika dan jawab pertanyaan ini kita bekerja untuk apa? Pastinya untuk cari uang terus kenapa kita malah dimintai uang konyol kan.

 

 

Kesalahan Terakhir:

Perusahaan atau group penipu terkadang bingung ketika menjelaskan tentang perusahaannya sendiri, ini sih udah keliatan banget ya kalau perusahaan tersebut adalah perusahaan yang buruk. Biasanya ini bisa terjadi kalau si calon korbannya ini sangat kritis dan bisa mengorek pertanyaan yang sangat jarang ditanyakan, hasilnya adalah si HR tidak siap menjawab dan bingung sendiri.

Mungkin hanya itu informasi yang bisa MATARAM Group sampaikan tentang cara mengenali group penipu semoga informasinya bisa bermanfaat buat Anda semua. Tips terakhir sebelum saya sudahi selalu cek kebenaran suatu informasi sebelum menarik kesimpulan jangan sampai kalian salah tuduh perusahaan sehat kalian tuduh sebagai perusahaan atau group penipu.